Monday, August 23, 2010

Knapa tulang2 jari bs berbunyi?

Apabila kamu pernah melipat jari-jari tanganmu bersama-sama dan meregangkannya ke depan, kamu akan mendengar suara gemeletuk tulang-tulanganmu. Persendian akan mengeluarkan suara krak ketika gelembung-gelembung cairan yang ada di sekitar persendian-persendian meledak. Persendian adalah pertemuan antara dua tulang yang terpisah, serta disatukan kembali oleh urat-urat penyambung dan ligamen-ligamen. Semua persendian dalam tubuh kita dikelilingi dengan cairan synovial, yaitu cairan yang kental dan jernih. Ketika kamu mengulurkan atau menekuk jari-jarimu untuk membunyikannya, tulang-tulang persendianmu akan tertarik.
Kerika kamu melakukan hal ini, kapsul-kapsul urat penyambung yang mengelilingi persendian meningkatkan volumenya. Peningkatan volume ini akan menciptakan pengurangan tekanan. Jadi, ketika tekanan cairan menjadi kurang terlarut, dan membentuk gelembung-gelembung melalui proses yang disebut kavitasi. Ketika persendian direntangkan dengan sepenuh tenaga, tekanan pada kapsul-kapsul akan turun sangat rendah sehingga gelembung-gelembung meledak dan membuat suara krak.

Gas memerlukan waktu 25-30 menit untuk larut kembali kedalam cairan yang ada di dalam persendian.
Selama periode waktu ini, tulang-tulang jarimu tidak akan berbunyi. Ketika gas terlarut kembali, kavitasi mungkin dilakukan lagi dan kamu dapat membunyikan jarimu lagi.

sumber : www.howstuffworks.com

No comments:

Post a Comment